Resume materi selama kegiatan PKKMB UNUSA hari pertama

Perkenalkan nama saya Sekar Aulia Aisyah Adila, dari Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Hari ini pada tanggal 2 September 2024, kami melaksanakan kegiatan PKKMB Unusa pada hari pertama. Pada hari pertama ini kami mendapatkan ilmu baru yang bisa kami pakai untuk merencanakan masa depan nanti. Dari beberapa narasumber yang sudah memberikan materi, berikut rangkuman materi pada hari ini. 




Topik yang pertama adalah tentang wawasan kebangsaan. Pada buku yang berjudul "Revolusi: Indonesia dan kelahiran Jaman modern" menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara pertama yang mengumumkan kemerdekaan setelah perang dunia ke-2. Pada tahun 1955 sebelumnya didominasi oleh bangsa Eropa namun setelah adanya konferensi Asia Afrika, setelah tahun 1955 pada akhirnya bisa dipimpin oleh Asia. Konferensi inilah yang pertama kali dipimpin oleh orang non barat, yang mayoritas 60% penduduk di dunia.
Penulis India mengatakan bahwa tahun ini adalah kebangkitan Asia dan kita harus napak tilas kepada Indonesia karena sebagai pelopor Asia menjadi lebih maju. 
"kemajuan bangsa dilihat dari kualitasnya bukan dari seberapa luasnya daerah" kutipan pada buku tersebut. Maka dari itu mental dan karakter berperan penting untuk memajukan bangsa.
dua Faktor kemajuan bangsa adalah faktor inherity  dan faktor human capital .
Nelson Mandela juga mengatakan bahwa "jangan pernah ragu dengan keberhasilan, lihatlah seberapa banyaknya gagalku" 
Orang genius juga sebagian dari orang autis, kadang orang genius tidak bisa melanjutkan semuanya karena keterbatasan kesempatan. pribadi yang baik juga harus berada ditempat yang baik juga, jika tidak maka akan terbawa arus pada lingkungan tersebut. 

Kita harus memperluas konektivitas dan inklusivitas (kesetaraan) terkristal dalam formula Bhineka Tunggal Ika. Membangun Kebersamaan melalui ikatan moral komunitas (shared values) 

Menurut gus dur Bhineka Tunggal Ika "yang berbeda jangan disamakan, yang sama jangan dibeda-bedakan" konektivitas dan inklusivitas di ikat dengan pancasila.

Pada materi kedua yang dijelaskan oleh Dr. Ginanjar, SE, MM. kami membahas tentang mindet selama berada di perkuliahan. Selama berada di perkuliahan kita harus meningkatkan skillset, mengubah mindset, dan siapkan toolset. 

cara meningkatkan skill komunikasi bisa dengan berlatih saat presentasi di kelas, atau bisa ikut organisasi. Critical thingking skill bisa diraih dengan berlatih dikelas atau bisa berlatih saat skripsi. Digital skill bisa dipelajari fitur-fiturnya atau bisa kursus dan belajar dari you tube. Setelah lulus kita harus sudah memiliki pengalaman kerja dengan selama kuliah kita mengambil partime job, jadi freelancer, atau magang sesuai bidang ilmu. setelah lulus kita juga harus sudah memiliki skill yaitu dengan ikut pelatihan yang sesuai bidang, atau bisa mengambil sertifikasi. Yang paling terpenting kita juga harus memiliki personal branding dengan mengisi linkedin atau dengan upload konten yang berisi tentang bidang ilmu. 

Pada Materi ke-3 yang dijelaskan oleh Hafid Algristian, dr., Sp.Kj., M.H adalah mengenaik bullying yang sedang marak di masyarakat. Macam-macam bullying ada lima, yaitu fisik, verbal, sosial, cyber bully, seksual. ketika kita memberikan motivasi kepada sang korban harus menggunakan kalimat yang sopan agar si korban tidak merasa terpojokkan. Kita juga harus memberikan saran dengan kata-kata yang tepat. Kita juga tidak boleh memojokkan kondisi keluarga orang lain. 

Bersama teman saya yang sudah berpartisipasi pada acara hari ini divadeswitaa

Akun Sosial media UNUSA

Facebook : Universitas NU Surabaya | Surabaya | Facebook 

Instagram : Unusa Official (@unusa_official) • Foto dan video Instagram 

You Tube : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya | Video Profil Unusa 2023 (youtube.com) 

Tiktok : UNUSA (@unusa_official) | TikTok


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Masa Depan dan Masa Lalu